Gunung Favorit di Pulau Jawa

Selain keindahan panorama gunung, tempat wisata gunung diminati karena sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung seperti penginapan, wahana permainan anak, pemandian air panas, lapangan untuk berkemah, dan lain-lain. Di antara banyak gunung yang ada di Pulau Jawa, inilah 10 wisata gunung paling favorit di Pulau Jawa.
1. Gunung Bromo di Jawa Timur
Image result for Gunung Bromo
Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal di antara gunung-gunung di Pulau Jawa. Tidak hanya menjadi tempat wisata andalan Provinsi Jawa Timur, Gunung Bromo juga dikenal banyak wisatawan asing. Salah satu yang menambah keunikan Gunung Bromo adalah padang pasir seluas 10 kilometer persegi yang menjadi ciri khasnya.
Ketinggian : 2.329 meter di atas permukaan laut
Letusan Terakhir : 28 Januari 2011
Provinsi : Jawa Timur
2. Gunung Semeru di Jawa Timur
Related image
Terletak tidak jauh dari Gunung Bromo, Gunung Semeru juga menjadi wisata gunung paling favorit kedua di Pulau Jawa. Gunung Semeru ini tercatat sebagai gunung tertinggi di tanah Jawa. Gunung Semeru memiliki puncak yang diberinama Puncak Mahameru yang terletak 3.676 meter di atas permukaan laut. Di puncaknya, Gunung Semeru juga memiliki kawah yang diberinama Jonggring Saloko.
Ketinggian : 3.676 meter di atas permukaan laut
Letusan Terakhir : Tahun 2012
Provinsi : Jawa Timur
3. Gunung Salak di Jawa Barat
Related image
Gunung Salak merupakan gunung berapi yang letaknya paling dekat dari Jakarta. Secara geografis, Gunung Salak terletak di dua kabupaten yaitu Sukabumi dan Bogor. Salah satu spot menarik di Gunung Salak adalah Kawah Ratu yang memiliki panorama yang indah.
Ketinggian : 2.211 meter di atas permukaan laut
Letusan Terakhir : Tahun 1938
Provinsi : Jawa Barat
4. Gunung Pangrango di Jawa Barat
Image result for Gunung Pangrango
Gunung Pangrango menjadi gunung favorit karena salah satu tokoh pendaki gunung, Soe Hok Gie, seringkali mempublikasikan tentang puncaknya yang indah. Puncak Gunung Pangrango diberinama Puncak Mandalawangi. Gunung Pangrango ini terletak di Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango yang bersebelahan dengan Gunung Gede.
Ketinggian : 3.019 meter di atas permukaan laut
Letusan Terakhir : –
Provinsi : Jawa Barat
5. Gunung Cikuray di Jawa Barat
Image result for Gunung Cikuray
Gunung Cikuray terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung Cikuray dikenal memiliki medan pendakian yang cukup ekstrim sehingga menjadi idaman bagi para pendaki gunung. Sebelum memulai pendakian, kamu harus melewati kebun teh yang terbentang luas.
Ketinggian : 2.841 meter di atas permukaan laut
Letusan Terakhir : –
Provinsi : Jawa Barat
6. Gunung Slamet di Jawa Tengah
Related image
Gunung Slamet adalah gunung berapi yang terletak di 5 kabupaten sekaligus yaitu Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang. Untuk mencapai puncak Gunung Slamet, kamu bisa lewat tiga pintu masuk yaitu, Bambangan, Batu Raden, dan Kaliwadas. Trek paling menantang di Gunung Slamet adalah hutan cemara dengan kemiringan antara 40-60 derajat.
Ketinggian : 3.284 meter di atas permukaan laut
Letusan Terakhir : 1999
Provinsi : Jawa Tengah
7. Gunung Papandayan di Jawa Barat
Related image
Gunung Papandayan adalah gunung api strato yang terletak di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat. Selama mendaki Gunung Papandayan, kamu bisa melihat sungai-sungai yang jernih dan bunga-bunga edelweis yang indah.
Ketinggian : 2.665 meter di atas permukaan laut
Letusan Terakhir : 2002
Provinsi : Jawa Barat
8. Gunung Tangkuban Perahu
Image result for Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu menjadi terkenal selain karena panoramanya yang indah, ternyata juga karena legenda Sangkuriang. Beberapa spot menarik di Gunung Tangkuban Perahu ini adalah Kawah Ratu, Upas, dan Domas.
Ketinggian : 2.084 meter di atas permukaan laut
Letusan Terakhir : 1983
Provinsi : Jawa Barat
9. Gunung Prau Dieng di Jawa Tengah
Related image
Gunung Prau Dieng terletak di dataran tinggi Dieng yang secara geografis berada di wilayah Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo. Gunung Prau Dieng memiliki kawasan hutan yang masih alami. Di kawasan hutan itu, kamu bisa melihat kantong semar, aneka tumbuhan paku, dan beberapa satwa liar.
Ketinggian : 2.565 meter di atas permukaan laut
Letusan Terakhir : –
Provinsi : Jawa Tengah
10. Gunung Gede di Jawa Barat
Image result for Gunung Gede
Bersebelahan dengan Gunung Pangrango, Gunung Gede memiliki panorama yang sangat indah. Salah satu spot menarik di Gunung Gede adalah Telaga Warna yang warnanya berubah-ubah biru, hijau, dan coklat. Selama pendakian, kamu juga akan menikmati hamparan anggrek liar yang eksotik.
Ketinggian : 2.958 meter di atas permukaan laut
Letusan Terakhir : 1957
Provinsi : Jawa Barat
Nah itulah 10 wisata gunung paling favorit di Pulau Jawa. Dari 10 gunung itu, kamu sudah mendaki berapa gunung?

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gunung Untuk Para Pemula

The Seven Summits of Indonesia